Pantai Sadeng ,Yogyakarta,Indonesia.

Rabu, 30 Mei 2012


Sadeng pantai selatan wilayah paling timur kabupaten gunung. Sadeng pantai terletak di Desa Pucung Girisubo Songbanyu dan sekitar 80 KM dari pusat kota dan berdekatan dengan Pracimantoro Jogjakarta, Jawa Tengah Wonogiri.
Pantai ini telah menjadi sebuah komunitas wisata kebanggaan lokal Gunungkidul Yogyakarta, karena pantai ini terbentuk melalui proses alami yang
cukup panjang. Ada sebuah danau di dataran pantai yang diyakini Flute sebelumnya muara sungai Solo Kuno.
Berdasarkan penelitian para ahli Geologi, bahwa lama Bengawan Solo mengalir dari hulu di utara sampai bermuara di Pantai Sadeng saat ini. Namun, sekitar empat juta tahun yang lalu, sebuah proses geologi terjadi.


Australia menghujam ke bawah lempeng Jawa, menyebabkan dataran tinggi Jawa dan perlahan-lahan mendorong. Sehingga akhirnya aliran sungai tidak bisa melawan ketinggian sungai itu sendiri, sampai akhirnya aliran air juga berubah ke arah utara, arus yang mengalir ke ujung utara Jawa Timur.
Akhirnya tinggal di jalan trek yang perlahan mengering karena tidak ada air mengalir yang sekarang menjadi tanaman pertanian produktif bagi masyarakat sekitar. Daerah ini kaya akan bukit-bukit kapur yang menurut beberapa penelitian, awalnya sebuah terumbu karang di bawah permukaan laut.
Sebelum benar-benar tiba di pantai Sadeng, para tamu dimanjakan dengan rute gunung batu kapur pertama alam yang menantang dan sangat eksotis. Keindahan pantai di Gunungkidul daerah memang menawarkan banyak keindahan alam dan pesona. Di pantai ini, pengunjung dapat menelusuri garis pantai di sebelah timur dan menuju gundukan pasir dekat mercusuar.
Pemandangan laut akan terlihat nyata, bersama dengan berdebar ombak besar. Tidak seperti pantai yang paling di Gunung Selatan, Sadeng tak banyak memiliki karang-karang raksasa yang mata tidak akan terhalang.
Kadang-kadang, juga dapat dilihat perahu nelayan yang sedang memancing. Sadeng pantai sebenarnya adalah sebuah pantai yang telah lama digunakan sebagai turis di Gunungkidul sebagaitujuan. Shoreline jenis yang membentuk tebing membuat pantai yang indah Sadeng terlihat menawan.
Tidak hanya sebagai tujuan wisata, pantai ini juga dikenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) adalah tingkat nasional dan mendukung pengembangan perikanan laut terbesar di provinsi Yogyakarta.
Di pantai, pengunjung akan melihat langsung aktivitas para nelayan, ada perahu bersih, mengangkut ikan dari perahu ke pelelangan, menggiling es batu untuk dimasukkan dalam kotak ikan sebelum didistribusikan.
Wisatawan dapat menikmati masakan makanan laut atau makanan laut segar yang dibawa sebagai oleh - oleh dengan harga yang terjangkau.









Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Siantar info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger