MESIAS, BATU KARANG, DAN KUNCI KERAJAAN SURGA

Kamis, 28 Juni 2012


Rekan-rekan yang budiman!
Hingga kini ketiga Injil Sinoptik memperkenalkan Yesus terutama lewat ajarannya, lewat penyembuhan yang dilakukannya, termasuk tindakan mengusir roh jahat, dan lewat peristiwa perbanyakan roti. Orang mulai bertanya-tanya, siapa sebenarnya dia itu dan bagaimana ia dapat mengerjakan semua itu. Semakin disadari bahwa dia lain dari orang-orang luar biasa lainnya. Siapakah dia sesungguhnya? Dalam Mat 16:13-19 yang dibacakan pada hari raya S. Petrus dan S. Paulus, Petrus menyuarakan kesadaran para murid bahwa Yesus itu Mesias, anak Allah yang hidup. Penegasan ini sebetulnya satu sisi saja dalam pewartaan mengenai siapa sebenarnya Yesus. Sisi yang lain menyangkut perjalanan ke arah penderitaan, wafat dan kebangkitan Yesus yang diungkapkan ketiga Injil Sinoptik langsung sesudah penegasan akan kemesiasan Yesus.


Bacaan kedua (2 Tim 4:6-8.17-18) mengutarakan bagaimana seorang tokoh dalam gereja awal, Timotius, mendapat imbauan agar melanjutkan pekerjaan yang telah diawali dan dijalankan dengan penuh dedikasi oleh Paulus, yakni membina kehidupan bersama antar orang-orang yang mengimani Yesus sang Mesias. Karya ini adalah karya ilahi tetapi yang menyertakan manusia, seperti Paulus sendiri. Ia merasa telah menjalankan semuanya dengan sebaik-baiknya. Ketika ia dimusuhi, ia tidak gentar karena yakin Tuhan sendiri tetap menyertainya. Inilah keteguhan iman yang terasa dari bacaan kedua.
 


Disarankan, sebaiknya homili pada Hari Raya Santo Petrus dan Santo Paulus dipusatkan bukan pada kehidupan para rasul itu sendiri (asal usul, profesi, kejadian-kejadian yang mereka alami di sana sini), melainkan pada peran yang mereka jalankan, yakni mempersaksikan iman para pengikut Yesus siapa sebenarnya dia itu, yakni Yesus Sang Mesias, Yesus Kristus, Tuhan yang memimpin kembali umat manusia ke jalan keselamatan. Petrus menjadi dasar yang kukuh dan Paulus memungkinkan banyak orang ikut berbagi keselamatan tadi. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Siantar info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger